Blog tentang Batak dan segala sesuatu tentangnya.

Senin, 10 September 2018

Jalan Tol ke Pematangsiantar Segera Digarap


SOPO - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera menggarap proyek tol di Sumatera Utara. Jalan bebas hambatan akan dibangun hingga Kota Pematang Siantar.

Ilustrasi.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan tol hingga Kota Pematang Siantar dilakukan untuk semakin memantapkan destinasi pariwisata Danau Toba.

Infrastuktur itu akan memangkas waktu tempuh dari Bandara Internasional Kualanamu menuju Danau Toba.

“Untuk tol, kita (bangun) sampai ke Siantar," kata Basuki usai membuka acara Pertemuan Ilmiah Tahunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia ke-35 di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, Jumat (7/9/18) malam.

Namun Basuki masih enggan membeberkan secara detail pajang tol yang akan dibangun itu.

"Kami sedang peninjau lokasi dan pembebasan lahan. Bukan kendala untuk pembebasan lahan. Tapi itu pernak-pernik pembebasan lahan. Kami mempunyai perangkat undang-undang dan mempunyai mekanisme," katanya.

Konektifitas tengah dilakukan antara jalan udara ke jalur darat untuk menuju Danau Toba. Hal ini memudahkan wisatawan nusatara dan mancanegara berkunjung ke Danau Toba.

"Karena kawasanan Danau Toba ada Bandara Silangit, Bandara Sibisa, ada Bandara Kualanamu. Dari Bandara Kualanamu ada konektifitas ke Danau Toba," tandasnya.

Dengan pembangunan tol ke Pematangsiantar, jarak tempuh dari Kota Medan dan Bandara Kualanamu Internasional Airport ke Danau Toba lebih dekat. Waktu tempuhnya 3-4 jam. Sebelum ada tol, jarak tempuh antara 5-6 jam. (bbs/int)


Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar