Blog tentang Batak dan segala sesuatu tentangnya.

Rabu, 22 Februari 2017

Kenangan Bersama Undur-undur, Ingatkah Kau?


Rumah Undur-undur.
SOPO - Masa kanak-kanak generasi terdahulu sungguh menyisakan banyak kisah. Orang Batak zaman dulu yang tinggal di rumah panggung atau rumah bolon, pasti kenal dengan undur-undur, hewan kecil bertubuh lembut dan kepalanya seperti bertanduk. Dalam bahasa ilmiah, undur-undur disebut Myrmeleontidae.

Anak-anak desa umumnya punya kenangan bermain dengan undur-undur. Mereka biasanya suka memancing undur-undur sebagaimana layaknya memancing ikan. Cukup menangkap satu ekor undur-undur, lalu diikat dengan benang. Lalu dicelupkan sebagai umpan ke dalam rumah undur-undur yang menyerupai lembah itu. Maka undur-undur yang diam di dalam rumahnya akan menjepit sang umpan, lalu dianggkap. Undur-undur itu lalu dikumpul ke dalam stoples atau wedah lain.

Setelah banyak, dilepas lagi. Undur-undur akan lari dan kembali membangun rumah berbentuk lembah-lembah. Nah, Hewan ini biasanya hidup dan membangun rumah di tempat yang berpasir atau berdebu, tapi bersuhu hangat. Oleh karena itulah hewan ini mudah ditemukan di kolong rumah panggung. Dia dinamakan undur-undur karena berjalan mundur. Rumahnya seperti lembah curam yang berfungsi sebagai jebakan menangkap semut.

Undur-undur memiliki ukuran yang bervariasi. Jenis undur-undur terbesar di dunia diketahui berasal dari genus Palpares yang hidup di Afrika dan rentang sayapnya mencapai 16 cm. Spesies yang terkecil berasal dari wilayah Arabia dan rentang sayapnya hanya sekitar 2 cm. Mayoritas undur-undur sendiri umumnya berukuran antara 4–10 cm.

Ternyata, undur-undur merupakan hewan yang mempunyai kandungan zat bermanfaat untuk kesehatan. Zat tersebut yaitu zat yang berupa sulfonylurea. Zat tersebut bermanfaat untuk manusia dalam melancarkan sistem kerja pankreas serta memproduksi zat insulin, kedua zat tersebut merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh. zat insulin ini akan bekerja ketika zat insulin didalam tubuh mengalami penurunan dan zat glukosa dalam darah meningkat, maka tubuh manusia menjadi tidak seimbang sehingga rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Dari kandungan yang terkandung didalam tubuh undur-undur maka hewan tersebut mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan, seperti:

Undur-undur.
- Mengobati penyakit diabetes
- Mengobati stroke
- Mengobati rematik dan asam urat
- Mengobati darah tinggi
- Mengobati asma
- Mengobati sakit kuning
- Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, dll. (berbagai sumber/INT)


Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar