Blog tentang Batak dan segala sesuatu tentangnya.

Sabtu, 14 Januari 2017

Tol Medan-Tebing Selesai 2017, ke Danau Toba Kita Makin Mudah


SOPO - Diperkirakan akhir tahun 2017 ini, tol dari Medan-Kuala Namu ke Tebing Tinggi sudah bisa dilewati. Itu akan mempercepat akses menuju ke satu dari 10 Bali Baru, yang sudah ditetapkan Presiden Joko Widodo menjadi Destinasi Prioritas.

Pesona Danau Toba
"Selain jalur udara, yang dibangun Bandara Silangit dan Sibisa, jalur darat juga dikebut pemerintah," ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Ini juga menjadi bukti nyata bahwa pembangunan infrastruktur di era Kabinet Kerja terus dikonkretkan. Pemerintah memastikan 31 ruas tol bisa beroperasi hingga akhir tahun 2017.

Seluruh ruas tol tersebut tersebar pada rangkaian tol Trans Sumatera dan Trans Jawa. Tol Medan-Kuala Namu (KNO)-Tebing Tinggi Seksi II hingga Seksi VII diprediksi aktif pada bulan September 2017.  "Danau Toba akan semakin hidup, karena akses dan infrastruktur semakin diperkuat," kata Arief Yahya.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) optimistis Jalan Tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 km dapat beroperasi tepat waktu.

"Dengan progres konstruksi yang saat ini sesuai dengan rencana, Jasa Marga optimis jalan tol yang juga menjadi akses menuju Danau Toba, yang juga terkoneksi dengan Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera), ditargetkan dapat beroperasi. Jalan tol ini menghubungkan kota Medan dengan Bandara Kuala Namu. Selain itu, juga akan menghubungkan kota Medan dengan kawasan industri Kuala Tanjung dan kawasan pariwisata Danau Toba, jadi sangat efektif sekali," ujar Dwimawan.

Kepala Badan Pelaksana Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba, Arie Prasetyo mengaku gembira dengan kabar tersebut. Pasalnya, semua akses menuju Danau Toba diharapkan selesai pada Kuartal I alias awal tahun 2019.

"Dengan adanya tol tersebut, perjalanan menuju Danau Toba dari berbagai keberangkatan bisa lebih cepat 1 hingga 2 jam," ujar Arie.

Arie mengaku sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dari unsur pemerintah pusat, pemerintah daerah, pelaku pariwisata, industri hingga investor yang akan mendukung pengembangan Danau Toba. "Selain jalan Tol, nanti juga menuju Danau Toba bisa menggunakan Kereta, perkembangannya semua sangat positif," ujarnya.

"Langkah aktivasi jalur kereta dari Medan ke Pematangsiantar 127 kilometer via Lubuk Pakam dan Tebing Tinggi juga segera diaktivasi," katanya.  (ST/INT)

Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar